Meraih Kemenangan Hidup. Oleh: Hikmawan A. Hasan

Banyak orang memandang hidup ini sebuah perjuangan. Mungkin begitu pula dengan Anda. Kalau hidup ini sebuah perjuangan berarti ada sesuatu yang harus dimenangkan. Apakah itu?. Ada yang ingin memenangkan keyakinan religius. Atau memenangkan penguasaan materi dan status sosial. Atau memenangkan persaingan mendapat pasangan hidup. Tiap orang memiliki medan perjuangannya sendiri-sendiri. Namun harus diingat. Hidup kita tidak hanya di dunia ini saja. Tapi ada hidup yang lebih panjang waktunya bahkan abadi. Kehidupan setelah kita mati. Itu keyakinan saya yang ingin saya tularkan pada Anda.

Apapun medan perjuangannya. Ada beberapa tabiat perjuangan yang mesti kita jalani. Ketika hal tersebut kita jalani, peluang kemenangan semakin besar sejalan kualitas masing-masing proses yang kita lakukan. Ada tiga hal yang mesti kita jalani untuk memperoleh kemenangan di dalam hidup ini.


1. Keyakinan yang benar dan kuat

Kita wajib menumbuhkan keyakinan yang benar dan kuat. Keyakinan adalah sebuah pilihan. Pijakan-pijakan ketika kita menentukan pilihan untuk yakin bisa karena ada ilmu pengetahuan yang kita miliki, atau kita memiliki pengalaman tersendiri akan sesuatu.

Keyakinan-keyakinan kita akan diuji. Bagaimana keyakinan kita kepada Allah yang akan memberikan kemenangan tersebut. Bagaimana keyakinan kita kepada RasulNya yang mencontohkan cara-cara mencapai kemenangan. Keyakinan pada diri sendiri dan keyakinan kepada orang lain adalah keyakinan – keyakinan ketika berbagai interaksi terjadi selama perjalanan hidup. Jika kita memiliki keyakinan yang benar maka kita akan menjadi penolong bagi yang lain. Kita menebarkan nilai-nilai positif, menunaikan berbagai kebajikan dan tentu saja taat pada yang diyakininya. Kemenangan pun tidak dimonopoli untuk diri sendiri, tetapi akan membangun sinergi dengan siapapun dan meraih kemenangan bersama.


2. Perubahan atau Perpindahan

Perubahan atau perpindahan adalah salah satu bentuk tindak lanjut dari keputusan untuk yakin. Dalam literatur agama disebut Hijrah. Perubahan yang positif menunjukkan bahwa kita berkembang menjadi lebih baik, lebih positif dan lebih kuat. Lakukan perubahan dari hari ke hari meskipun hanya satu persen. Misalnya tinggalkan hal yang sia-sia, diganti dengan yang manfaat. Jika perubahan ini tidak bisa dilakukan sendirian maka berpindahlah. Perpindahan dilakukan untuk mencari kondisi yang mendukung untuk menumbuhkan dan memperkokoh keyakinan. Kondisi yang dapat menyelamatkan keyakinan. Kondisi untuk mempersiapkan diri sebelum memasuki medan persaingan yang lebih hebat.


3. Konsisten dalam Berjuang

Mau tidak mau, cepat atau lambat kita akan memasuki medan perjuangan. Maka kita harus bertanggungjawab pada diri sendiri. Karenanya, selalu berhitung dalam bertindak. Terus berpikir dalam hal strategi dan taktik. Saat awal, paksa dulu diri anda untuk melampaui hambatan dan memenangkan tantangan. Jangan lupa, sekeras apapun berjuang, Allah yang memberikan ketetapan. Pasanglah pikiran positif. Apapun yang diberikan Allah kepada kita itulah yang terbaik. Itu pula yang semakin mendekatkan kita pada kemenangan. Semakin tawakal semakin cepat kemenangan menghampiri kita.

Selamat berjuang..